Selasa, 01 Januari 2013

Cara Cermat Membeli Komputer Built up Dan Komputer Rakitan


http://duniapustaka.com/wp-content/uploads/2011/08/guardian-ruby1.jpg
Secara umum terdapat 2 jenis personal computer yang sering ditawarkan, yakni built up dan rakitan. Komputer built up dipahami sebagai perangkat komputer yang sudah jadi rangkaian komponennya, pembeli hanya tinggal memakainya saja. Sedangkan pada komputer rakitan, komponen computer masih terpisah dan pembeli bebas memilih komponen sesuai dengan keinginan dan kemampuan belinya. Berikut ini tips membeli komputer rakitan dengan memperhatikan komponen-komponen penyusunnya:
1. Processor. Ada 2 tipe processor yakni AMD dan Intel, Keduanya memiliki kelebihan masing-masing. AMD handal ketika digunakan untuk grafis sedangkan intel handal untuk segala kebutuhan.
2. Motherboard. Ada berbagai tipe  dan merk motherboard, namun lebih baik pilih jenis motherboard yang sudah memiliki nama besar, sehingga jika suatu saat ada kerusakan, akan mudah melakukan klaim terhadap garansinya, misalnya ASUS, MSI, Interl maupun Abit.
3. VGA. VGA menentukan kualitas grafis (gambar) yang dihasilkan pada layar monitor Anda. Ada 2 port untuk VGA, yaitu PCI-Express (PCI-X) dan AGP. PCI-X adalah teknologi terbaru dan menawarkan 2 kali kecepatan AGP.

4. Memory. Memory disebut juga RAM merupakan tempat penyimpanan sementara berkecepatan tinggi. Saat ini yang tersedia di pasaran adalah jenis DDR-1, DDR-2. Periksa apakah motherboard Anda mendukungnya. DDR-2 jelas lebih cepat daripada DDR-2 dengan harga yang tidak jauh berbeda.
5. Harddisk. Jika Motheboard Anda mendukung SATA, jangan ragu-ragu untuk menggunakan SATA. Port IDE lama kurang ergonomis dan kalah cepat disbanding SATA. Harganya juga tidak jauh berbeda.
6. Sound Card. Kebanyakan motherboard sekarang sudah dilengkapi dengansoundcard built in. Jadi kemungkina Anda tidak perlu membelinya. Kecuali jika Anda seorang professional di bidang musik atau penikmat musik. Anda bisa membelisoundcard add on yang jauh lebih handal seperti Soundblaster Aufigy.
7. Power Supply. Pastikan Anda membeli power supply (PSU) yang handal, karena PSU yang tak maksimal, nantinya akan mempengaruhi dan merusak komponen lainnya.
8. Aksesoris. CD-ROM/DVD-ROM, CDRW/Combo/DVD-RW, Speaker, Monitor, Casing, UPS, Camera, Mouse, Keyboard dan sebagainya, terserah pada Anda, karena lebih kea rah selera. Apapun merknya, tidak akan mempengaruhi kinerja atau kecepatan PC yang telah Anda beli.
Setelah komputer rakitan Anda selesai tersusun, Anda tinggal melakukan langkah instalasi Sistem Operasi dan program aplikasi lainnya. Manfaatkan selalu Sistem Operasi dan program yang legal, yang tentu saja berbiaya. Namun jika Anda menginginkan jenis open source, yang tak berbayar), Anda bisa memanfaatkan sistem operasi dan aplikasi, misalnya Linux.
Sumber: TipsAnda.com

Untuk pembahasan lengkap, tentang artikel di atas, silahkan KLIK DISINI 
>>>> EBOOK TUTORIAL Dibawah Ini Penting Untuk Anda: <<<
  1. Troubleshooting Dan Memperbaiki Kerusakan Komputer
  2. Troubleshooting Dan Memperbaiki Kerusakan Motherboard PC
  3. Troubleshooting Dan Memperbaiki Kerusakan Laptop
  4. Troubleshooting Dan Memperbaiki Kerusakan Hard Disk
  5. Troubleshooting Dan Memperbaiki Kerusakan BIOS
  6. Ebook Cara Membangun Jaringan Komputer/Warnet
  7. Blog Teknisi Laptop

Judul: Cara Cermat Membeli Komputer Built up Dan Komputer Rakitan; Diterbitkan oleh mitrasantri; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 
Template SEO Elite Modif