Jumat, 28 Desember 2012

Blok / Bagian Yang Bekerja Pada Perangkat Ponsel


Kesempatan kali Mas Jezy Aditya akan membahas tentang Blok / Bagian Yang Bekerja Pada Perangkat Ponsel lewat blog saya Artikelteknisilkomputer.blogspot.com ini. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan baru tentang service ponsel. Mari belajar bersama ....

Bagian dasar pada Ponsel dikelompokkan menjadi beberapa bagian, antara lain yaitu :
 
 

1. Bagian Tegangan
Adalah bagian yang memberikan tegangan pada setiap komponen terkait dan bekerja atas perintah CPU

2. Bagian Signal ( RX dan TX )
Adalah bagian yang mengatur keluar masuknya signal dan akan mengirim datanya kepada CPU untuk diolah atau diproses menjadi Gelombang suara dan display pada LCD.

3. Bagian Data (Operating System)
Adalah Bagian berfungsi sebagai Operating System yang mengolah data dan yang memberi perintah kepada seluruh bagian yang terdapat pada Ponsel.

4. Bagian Audio

Adalah yang mengolah proses Keluar masuknya getaran suara pada Ponsel.


1.1. BAGIAN TEGANGAN

Bagian tegangan ini terbagi dari beberapa komponen yang bekerja di dalam Ponsel, komponen itu antara lain adalah :

1. Batterai
2. IC Power Supply
3. Switch On/ Off
4. CPU

1. Saat Ponsel dalam keadaan mati, Batterai tetap memberi arus/tegangan ke Ponsel. yaitu ke IC PA, IC Regulator, IC Charging, IC Interface

2. IC Power Supply mengolah dan membagi Arus/Tegangan yang masuk dari Batterai kemudian mengeluarkan Tegangan Stanby ke CPU.Apabila terjadi kerusakan pada IC Power Supply,tidak akan ada tegangan stanby/ VBB dari Power Supply. IC Power Supply akan mengeluarkan tegangan (Output) setelah Ponsel di On kan , kecuali tegangan VBB yang berfungsi sebagai tegangan stanby.

3. Saat Ponsel Di On kan,CPU mendapat tegangan Negatif (-) dari Switch On/Off, kemudian CPU memerintahkan Power Supply untuk mensupply arus/tegangan ke setiap bagian pada Ponsel

4. Dalam pengisian ulang,arus/tegangan dari Charger masuk melalui Resistor Fuse yang berfungsi sebagai Sekring.apabila terjadi arus yang berlebih masuk ke IC Charging. Arus/ Tegangan yang masuk ke IC cahrging di olah dan dikeluarkan sebagai Output harus sesuai dengan Tegangan pada Batterai. Pada Ic Charging terdapat Charging Sense sebagai pengontrol berbentuk data yang berhubungan dengan IC Power Supply, Fungsinya apabila terjadi ketidak sesuaian dengan kinerja IC Charging,maka IC Power Akan memutuskan pengisian ulang dengan mengirimkan data ke CPU bahwa pengisian gagal.Dikenal dengan istilah Not Charging / tidak mengisi.

1.2. BAGIAN SIGNAL ( RX DAN TX )

Bagian Penerimaan Signal ( RX )

Pada Bagian ini, yang bekerja bekerja pada Ponsel terdiri dari beberapa komponen, komponen ini antara lain adalah :

1. Antena
2. Switch Antena/Duplexer
3. Filter RX (Penyaring)
4. Transistor (Sebagai Penguat RX)
5. IC RF/RF Proceccor
6. VCO
7. IC Power Supply

Untuk mengetahui bekerja atau tidaknya bagian RX,dapat diketahui dengan melihat dari setting Manual Network.Jika tidak mendapatkan daftar jaringan Operator, maka dapat dipastikan bahwa bagian RX bermasalah.

System kerja Komponen bagian RX :

1. Sinyal yang ditangkap/diterima oleh Antena diteruskan ke Switch Antena sebagai terminal

2. Switch Antena akan mengeluarkan dua Sinyal R bagi Ponsel Dual Band,yaitu DCS-RX(1800Mhz) & GSM-RX (900Mhz).kedua sinyal tersebut diteruskan Ke Filter sebagai sinyal RX,Sinyal RX akan disaring dan diteruskan ke Transistor sebagai penguat. Pada transistor kedua sinyal RX diperkuat untuk dapat diteruskan ke Filter untuk kembali disaring dan membagi sinyal menjadi 4 bagian,yaitu mengeluarkan dua sinyal DCS-RX dan Dua sinyal GSM-RX yang akan diteruskan ke IC RF.

3. IC RF/IF Mengolah sinyal RX dan disesuaikan dengan Frekwensi yang dibentuk oleh VCO.

Bagian Signal Pemancaran ( TX )
Pada Bagian ini,yang bekerja bekerja pada Ponsel terdiri dari beberapa komponen, komponen ini antara lain adalah :

1. Antena
2. Switch Antena
3. Filter TX ( Penyaring )
4. IC PA
5. IC RF
6. VCO
7. IC Power Supply

Untuk mengetahui bekerja atau tidaknya bagian TX (Pemancaran), dapat digunakan lampu radiasi, multitester, dan melakukan panggilan ke nomer SOS/Emergency (ke 112) tanpa simCard terpasang.

Cara melakukannya pengecekan dengan multitester adalah :

1. Hidupkan Ponsel dengan atau tanpa menggunakan Sim Card
2. Lakukan panggilan keluar
3. Tempelkan multitester di dekat bagian antenna (kalibrasi Multitester pada AC 10V)
4. Apabila jarum multitester bergerak, berarti TX bekerja.

System kerja Komponen bagian TX

1. VCO membentuk frekwensi yang akan diproses oleh IC RF membentuk empat sinyal Output,yaitu Dua sinyal DCS-TX dan Dua GSM-TX untuk di teruskan ke bagian Filter TX (Pemancaran).VCO jg berfungsi sebagai Power Detector untuk mengatur tegangan pulsa dari IC RF dalam pengiriman data ke CPU.

2. Pada Filter keempat sinyal Output yang di kirim oleh IC RF di bentuk menjadi dua sinyal TX,yaitu DCS dan GSM untuk diteruskan ke IC PA

3. Pada IC PA kedua sinyal tersebut diperkuat untuk pemancaran kemudian diteruskan ke Filter TX.

4. Pada Filter Kedua sinyal tersebut disaring dan diteruskan ke bagian Switch Antena

5. Switch Antena yang berfungsi sebagai terminal dan menggabungkan kedua sinyal DCS dan GSM untuk dipancarkan melalui Antena

Secara keseluruhan Bagian Sinyal pada Ponsel dibantu Oleh IC Audio sebagai penguat awal sinyal suara yang berasal dari bagian penerimaan (RX) untuk diteruskan pada Loud Speaker dan Penguat awal sinyal suara yang berasal dari Microphone untuk diteruskan kebagian pemancaran (TX) melalui IC RF/IF.

Kristal 26 Mhz berfungsi sebagai Pembangkit sinyal untuk mengontrol sinyal yang ada pada IC RF yang di kirim ke IC Audio pada bagian AFC (Automatic Frekwensi Control) juga sebagai pengatur tegangan sesuai dengan kebutuhan komponen-komponen terkait yang dikendalikan oleh CPU.

bersambung.......
Judul: Blok / Bagian Yang Bekerja Pada Perangkat Ponsel; Diterbitkan oleh mitrasantri; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 
Template SEO Elite Modif