Kamis, 27 Desember 2012

Tools Yang Sebaiknya dimiliki oleh Teknisi Komputer


Sebagai seorang Teknisi Komputer yang merupakan salah satu tenaga ahli dalam bidang Teknologi Informasi, kita akan selalu dituntut untuk memberikan dukungan (support) kepada perusahaan, instansi atau lembaga lainnya. Dalam kesehariannya kita akan selalu berhadapan dengan pekerjaan baik secara hardware atau software. Oleh karena itu sudah sewajarnya apabila kita selalu mempersiapkan tools atau peralatan yang mendukung dan memudahkan pekerjaan kita nantinya.

Dibawah ini adalah beberapa tools yang sebaiknya kita miliki, terutama apabila nantinya kita berniat untuk menjadi seorang Teknisi Komputer Profesional , bukan teknisi gaptek seperti saya : )

Hand Tools
handtools teknisi komuter

Sebuah kotak penuh dengan alat-alat tangan tentunya akan sangat membantu pekerjaan Teknisi Komputer. Dalam Hand Tools ini minimal kita memiliki obeng plus dan obeng minus atau bisa juga tespen. Berbagai jenis tang mulai dari tang pemotong, tang penjepit, tang kombinasi dan tang crimping RJ 45. Solder dan desoldering pump, jangan lupa timah / tinolnya. Pinset, cutter atau gunting kecil dan sebuah senter kecil juga kadang diperlukan. 
    
Alat Pembersih Debu

blower air pump

Malfungsi kadang-kadang terjadi karena adanya debu yang menyumbat atau komponen yang kotor. Untuk membersihkan celah-celah atau daerah yang sulit dijangkau pada komputer kadang diperlukan sekaleng udara terkompresi. Selain menggunakan Compressed Air Dusters kita juga bisa menggunakan sebuah alat yang disebut Dust Blower Air Pump Cleaner Tool, yaitu sebuah pompa kecil untuk membersihkan debu, biasanya digunakan untuk membersihkan debu pada laptop.

Alternatif lain untuk membersihkan debu ini adalah dengan menggunakan sebuah Kuas halus.Kombinasi antara Kuas halus dan Air Pump Cleaner saya rasa cukup untuk membersihkan debu-debu yang menempel pada motherboard atau card lainnya. Sedangkan apabila debu atau kotoran yang menmpel terlalu banyak, maka sebaiknya menggunakan Mini Air Compressor.

Peralatan Pengujian

multimeter dan PSU tester

Teknisi Komputer membutuhkan beberapa jenis peralatan pengujian ketika melakukan troubleshooting. Beberapa peralatan pengujian diantaranya adalah Multimeter, LAN tester, power supply tester, headphone untuk menguji kartu suara, mouse untuk memeriksa aksesibilitas, keyboard fleksibel yang bisa digulung, USB card reader dan sebagainya.
    
Peripherals Peralatan Komputer

Beberapa peralatan, perangkat dan periferal yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja komputer atau mengganti bagian yang rusak juga perlu disiapkan. Beberapa peripherial yang sebaiknya disiapkan adalah VGA Card, Sound Card, LAN Card, RAM, hardisk eksterrnal untuk backup data, kabel sata, Portabel CD/DVD ROM dan lain-lain. Adanya peripherial tersebut akan sangat membantu ketika melakukan troubleshooting hardware komputer.
    
Anti-Static Sarung tangan atau Strap Wrist

Listrik Static yang terdapat pada tubuh kita dengan mudah dapat merusak komponen komputer. Seorang teknisi harus memiliki perangkat anti-statis, sarung tangan atau tali pergelangan tangan yang terbuat dari bahan anti-statis yang portabel dan mudah digunakan.


Sarung tangan Anti Static berguna untuk mencegah aliran Arus Listrik Statis dari tubuh ke komponen Elektronik ataupun papan PCB, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan komponen. Selain menggunakan sarung tangan kita juga bisa menggunakan gelang static.

Software Perbaikan Komputer

Kebanyakan kasus kerusakan komputer terjadi karena adanya masalah pada software. Untuk itu software-software untuk mendiagnosa dan memperbaiki sistem komputer  harus kita memiliki. CD Installer WindowsCD HirensUltimate Boot CDRescue CD seperti AVG Rescue CD atau Kaspersky Live CD serta DVD Driverpack Solution yang berisi kumpulan driver sepertinya wajib kita miliki..


http://www.catatanteknisi.com
Judul: Tools Yang Sebaiknya dimiliki oleh Teknisi Komputer; Diterbitkan oleh mitrasantri; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 
Template SEO Elite Modif