Senin, 31 Desember 2012

Troubleshooting komputer : Problem Pada Processor / CPU



Troubleshooting komputer : Problem Pada Processor / CPU


PC Anda tidak mau beraksi sama sekali? Harddisk tidak terdeteksi, drive optik yang terasa lambat, monitor yang tidak optimal tampilannya, atau router yang terlalu sering hang? Jangan panik,
Sesekali hal ini dapat saja terjadi. Tiba-tiba PC berulah, dan tidak dapat terselesaikan dengan mudah. Meskipun Anda sudah membaca berbagai panduan troubleshooting pada manual yang tersedia. Dan hal ini bisa juga terjadi pada Anda.
Tidak memandang situasi dan kondisi, sebuah sistem dapat berulah. Bisa saja sesaat setelah Anda melakukan update driver. Ataupun setelah melakukan penambahan perangkat tambahan pada sistem Anda. Ataupun terjadi secara tiba-tiba, tanpa peringatan ataupun pemberitahuan sebelumnya.
Dan ulasan kali ini akan membahas hal-hal tersebut di atas. Usah gelisah dan tidak perlu panik menghadapinya.Duduk tenang, dan ikuti saja pembahasan kali ini. Semoga salah satu di antaranya adalah jawaban dari masalah yang Anda hadapi dengan PC kesayangan Anda.

Terbaru, Tidak Berarti Bebas Bug

Tidak selamanya teknologi terbaru memberikan yang terbaik untuk penggunanya. Bahkan beberapa kali kami menyaksikan sendiri, produk yang mengusung teknologi terbaru, pada batch awal juga disertai dengan perbagai masalah yang cukup memusingkan.
Sebagai contoh, motherboard dengan chipset terbaru. Inilah beberapa kasus yang sering dirasakan para anggota lab PC Media. Perlu diadakan beberapa riset skala kecil, untuk dapat menjalankan serangkaian tes dengan sempurna. Mulai dari sesekali mencari update BIOS, update driver ataupun sekadar manual ter-update dari produk yang bersangkutan.
Contoh lain adalah untuk pengujian video card. Dengan makin tajamnya persaingan ATi Radeon dan nVidia, membuat berbagai produk dengan chipset terbaru, terus berdatangan ke lab kami. Yang akhirnya memerlukan solusi patch software pengujian untuk dapat menjalankannya.
Lalu, bagaimana dengan yang terjadi di dalam dunia nyata pada penggunaan sehari-hari Anda dengan PC?
Langkah Pembukaan :
Seperti pada catur, langkah pertama akan sangat menentukan. Begitu juga dalam memecahkan masalah yang terjadi dengan PC Anda. Pada subbahasan ini, akan berisi tentang langkah terpenting dalam mencoba menyelesaikan masalah dengan PC Anda. Yang terpenting adalah mencoba mengetahui, apa yang menyebabkan PC Anda berulah. Perubahan terakhir apa yangterjadi pada PC? Hal ini sangat penting untuk diketahui secara pasti. Mengingat, hal ini akan sangat memudahkan penyelesaian yang harus dilakukan. Disesuaikan dengan kemungkinan masalah yang terjadi. Dari sini, memungkinkan untuk mempersempit kemungkinan masalah yang terjadi dengan PC Anda.
  1. PC Tidak Bereaksi, Saat Tombol Power Ditekan.
Permasalahan: Anda menekan tombol power untuk mengaktifkan PC Anda, namun PC tidak menunjukkan tanda tanda kehidupan. Apa yang terjadi?
Solusi: Jika hal ini terjadi pada PC Anda, ada beberapa kemungkinan yang harus
diperiksa satu per satu secara bertahap.

Langkah 1:
Periksa semua jaringan listrik, dari outlet AC sampai ke PSU (power supply unit) PC Anda. Apakah sudah terpasang dengan sempurna. Mulai dari memastikan switch PSU dalam posisi ON, ataupun sekiranya Anda menggunakan UPS (uniterruptable power supply) dan/atau stabilizer AVR (automated voltage regulator). Pastikan semua dalam posisi ON dan dalam keadaan berfungsi dengan baik.
Langkah 2:
Jika hal tersebut bukan penyebabnya, maka kemungkinan berikutnya baru pada PC Anda. Pastikan semua kabel (terutama kabel power) dan komponen terpasang dengan baik. Caranya dengan mebuka casing, kemudian menekan-nekan kembali komponen dan konektor kabel yang ada. Adakalanya hal ini disebabkan karena konektor yang tidak terhubung dengan sempurna. Perhatikan juga ATX 12V,
yang dapat ditemukan pada kebanyakan motherboard empat tahun belakangan ini. Motherboard tidak akan beraksi, tanpa catuan daya dari konektor ini.
Langkah 3:
Ini akan cukup merepotkan. Lakukan pengecekan perangkat utama satu persatu. Yang dimaksud adalah CPU dan motherboard. Pastikan keduanya masih berfungsi dengan baik. Sebab katakanlah jika CPU rusak, sistem tidak akan menyala sama sekali. Demikian juga jika motherboard rusak. Terutama untuk urusan catu dayanya (MOSFET, jalur daya pada PCB dan seterusnya). Ini juga akan menyebabkan PC tidak akan bereaksi sama sekali.

  1. Fan, Harddisk Terdengar Putarannya, namun Layar Monitor Tetap Gelap.
Permasalahan: PC bereaksi. Terdengar bunyi putaran kipas, dan tanda-tanda kehidupan lain dari harddisk, drive optik dan lain-lain. Namun, monitor tetap gelap.Solusi: Fiuhh...setidaknya ini sedikit lebih baik dari masalah nomor 1. Untuk masalah ini, sebaiknya mengandalkan tanda yang diberikan POST BIOS. Pastikan speaker casing terpasang baik, sehingga Anda dapat mendengarkan POST berupa kombinasi bunyi beep yang pasti tersedia pada kebanyakan motherboard. Atau pada beberapa motherboard keluaran terbaru, juga tersedia buzzer yang terintegrasi pada motherboard. Lebih mudah lagi jika motherboard disertai display BIOS POST code berupa dua seven segment LED, yang akan menampilkan kode hexagesimal. Sekiranya Anda tidak tahu arti dari kode tersebut (baik suara ataupun cahaya) atau bahkan kehilangan buku manual, sekali lagi tidak perlu panik.
  1. Prosesor Baru Yang Tidak Terdeteksi
Permasalahan: Pasang prosesor baru tetapi tidak terdeteksi.Tetepi pada saat booting pertama kali, ternyata speed CPU yang tampil di BIOS tidak sama dengan angka default prosesor baru tersebut.
Solusi: Jika pada saat booting pertama kali setelah mengganti prosesor, ternyata speed CPU yang tampil di BIOS tidak sama dengan angka default prosesor baru maka lakukan langkah pengecekan sebagai berikut:
  1. Cek kembali CPU apakah sudah terinstall dengan tepat.
  2. Jika CPU sudah terpasang dengan tepat,tetapi tetap tidak terdeteksi dangan baik , coba cek setting motherboard.Apakah jumper –jumper yang ada telah terpasang dengan benar?
  3. Hati-hati untuk langkah ini. Paling tidak anda harus memahami posisi CPU yang tepat dangan mempelajari buku manual prosesor.Jika perlu panggil teknisi atau yang lebih berpengalaman untuk mendampingi anda.

Troubleshooting komputer : Problem Pada Disc / Media Penyimpanan Data

Secara umum hard disk dapat gagal dalam empat cara yang akan mengakibatkan potensi hilangnya data:
1. Firmware Korupsi / Rusak firmware ke zona
2. Kegagalan elektronik
3. Kegagalan mekanis
4. Logis Korupsi
Kombinasi dari empat jenis kegagalan juga mungkin. Apakah data pada hard disk dipulihkan atau tidak tergantung pada apa yang telah terjadi ke disk dan bagaimana kerusakan yang buruk. Perlu diketahui bahwa seiring waktu, semua harddisk akan mengembangkan sektor buruk yang dapat mengakibatkan hilangnya data dan keadaan tdk termasuki berkendara.

1. Firmware Korupsi / Rusak firmware ke zona
Explantion: Hard disk firmware adalah perangkat lunak yang kode kontrol, dan tertanam dalam, fisik harddisk hardware. Jika firmware dari hard disk menjadi rusak atau tidak terbaca komputer ini sering tidak dapat berinteraksi dengan baik dengan hard disk. Sering data pada disk penuh kembali setelah drive telah diperbaiki dan reprogrammed.
Firmware kegagalan - Cara mendiagnosa: common Gejala
• Hard disk akan berputar-putar di atas bila didukung, tetapi menjadi salah diakui/ tidak diakui sama sekali oleh komputer
• Hard disk akan spin up & akan diakui dengan benar oleh sistem komputer, tetapi kemudian akan tergantung pada proses boot
Tindakan untuk mengambil
• Memulihkan data dari hard drive dengan firmware rendah tingkat kegagalan memerlukan reprogramming / manipulasi dari harddisk. Adalah tidak mungkin untuk PC perbaikan berbelanja untuk melakukannya. Klinik kami memiliki data sendiri peralatan khusus yang memungkinkan kita untuk berhasil mendapatkan kembali data dari hard drive dengan firmware kesalahan.
• Firmware khusus gejala kegagalan pada hard disk drive Maxtor | Firmware kegagalan pada Maxtor Diamondmax 22 hard disk drive
• Firmware khusus pada gejala kegagalan Western Digital hard disk drive
• Firmware khusus gejala kegagalan pada desktop Fujitsu hard disk drive
• Firmware khusus pada gejala kegagalan Seagate Barracuda 7200,11 hard disk drive
• Informasi lebih lanjut tentang apa harddisk firmware sebenarnya dan bagaimana bekerja
Apa penyebab firmware korupsi? Kami percaya bahwa salah satu penyebab kerusakan pada firmware pada zona drive modern adalah penggunaan teknologi peluru cairan di motor spindle assembly (PDF)

2. Kegagalan elektronik
Penjelasan: Electronic kegagalan biasanya berkaitan dengan masalah pada kontroler dewan yang sebenarnya harddisk. Komputer yang mungkin menderita spike atau daya listrik yang melanda knocks the controller board pada hard disk sehingga undetectable ke BIOS.
Listrik kegagalan - Cara mendiagnosa: common gejala
• Hard disk tidak akan berputar-putar sampai saat drive powered on - akan muncul mati & tidak dikenal oleh komputer
Tindakan untuk mengambil
• Klinik data dapat memulihkan data dari segala jenis listrik harddisk kegagalan.
Meskipun kegagalan elektronik dapat terjadi pada semua jenis harddisk, kami menemukan bahwa Quantum Fireball drive sangat rentan terhadap kekuasaan sepatu berduri dan cukup sering adalah mungkin untuk melihat terlihat membakar kerusakan listrik di sekitar salah satu chip controller di board. Biasanya, data hard disk yang tidak menderita kerusakan dan pemulihan data 100% adalah mungkin.
Populer drive yang terlihat seperti mengembangkan kontrol papan masalah: Quantum Fireball seri, Western Digital drive, Maxtor drive, dan MPF MPG Fujitsu seri. Jika Anda memiliki sebuah laptop hard disk - silakan juga merujuk kepada kami laptop hard disk masalah halaman.

3. Kegagalan mekanis
Mekanis harddisk kegagalan adalah mereka yang berkembang pada komponen internal ke harddisk itu sendiri. Sering secepat komponen internal berjalan faulty data pada hard disk akan menjadi tidak dapat diakses.
Kegagalan mekanis - Cara mendiagnosa: common Gejala
• Pada saat powered, hard drive akan segera mulai membuat ticking reguler atau mengklik suara
Tindakan untuk mengambil
• Memulihkan data dari hard drive dengan mekanik kegagalan memerlukan drive yang akan bekerja di dalam kamar yang bersih sebagai drive harus diambil selain penyelidikan dan kondisi di laboratorium. Klinik memiliki data yang lengkap dan bersih Kelas 100 kamar yang kami gunakan untuk sembuh dengan drive mekanik masalah.
Catatan: Kami melihat banyak laptop hard drive mekanis dengan kegagalan. Untungnya data sering dipulihkan. Untuk gejala khusus, silahkan baca harddisk laptop kegagalan halaman
Jangan tergoda untuk membuka harddisk jika Anda mencurigai sebuah kesalahan mekanis: tidak ada apa-apa anda akan dapat Anda lakukan dan internal akan mencemari lingkungan udara bersih. Ada juga kesempatan yang baik selama proses ini Anda akan menghancurkan semua kesempatan yang ada dari kami berhasil memulihkan data.
• Pelajari lebih lanjut tentang harddisk headcrashes
• QuickTime melihat film dari harddisk dengan kepala kesalahan

4. Kesalahan logis
Sering termudah dan paling sulit untuk menangani masalah-masalah, kesalahan logis dapat mulai dari hal-hal sederhana seperti yang tidak valid masuk dalam file tabel alokasi untuk benar-benar menyeramkan seperti masalah korupsi dan kerugian dari sistem file yang sangat bagi kendaraan.
Logis kesalahan yang berbeda dengan listrik dan mekanik masalah diatas karena biasanya tidak 'fisik' beres dengan disk, cukup informasi tentang itu.
Logis kesalahan juga dapat tackled dengan berbagai perangkat lunak Anda dapat membeli alat-alat off the net, tetapi menjadi peringatan - jika anda ingin menjalankan memperbaiki utilitas pada disk sangat mudah Anda dapat membuat kembali data unrecoverable. Hal ini benar terutama ketika menjalankan ScanDisk dan Chkdsk pada harddisk rusak.
Judul: Troubleshooting komputer : Problem Pada Processor / CPU; Diterbitkan oleh mitrasantri; Rating Blog: 5 dari 5

0 komentar:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 
Template SEO Elite Modif